Mangatasi HDD External Bad Sector

Halo teman,
kembali lagi. Masih membahas persoalan IT.
Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi harddisk external yang tidak bisa terbaca.
Pengalaman saya, saya punya hdd external berkapasitas 40gb tidak bisa terbuka/ lemot sekali terbaca oleh komputer/laptop.
Saat dibubungkan ke perangkat laptop/pc, laptop/pc menjadi sangat lambat kinerjanya. Saat saya cabut lagi koneksinya, pc/laptop menjadi normal/tidak lemot/tidak lambat. Hadeehhh, padahal itu barang udah kayak jantung hati. Hidup dan mati saya.

Kenapa bisa seperti itu?
Analisisa setelah bertanya kepada mbah googele. Menurut pendapat beliau (ciee), saat HDD Ex sedang bekerja sesuatu, sedang copy sesuatu tiba-tiba listrik mati. Kalau pengalaman saya, saat saya sedang format hdd saya punya saya juga sedang membuka program yang lainnya sehingga saat program tersebut meminta untuk restart system, saya restart. Yak ampun, saya lupa saya sedang format hdd saya. Alhasil hdd saya tidak bisa terbuka. Tetap kedetek di direktori f:. Seperti yang dibilang mbah googelee, itu dinamakan HDD mengalami Bad Sector.

Nah, cara untuk mengembalikannya seperti normal.
Caranya:
1. ketik cmd di start menu program. Atau bisa tekan di keybord (windows+R). Sehingga kotak aplikasi cmd keluar.





2. lalu ketik chkdsk /r /f f:
3. lalu tekan enter
4. biarkan proses berjalan. Biasanya memakan waktu sangat lama, tergantung kapasitas yang akan di perbaiki. Jadi tidak usah ditungguin.
Kalau saya punya hampir berhari-hari 2-3 hari. Karena pake laptop x ya saat menjalankannya.
Sebaiknya gunakan PC agar lebih aman dan lebih tahan.

SEMOGA BERMANFAAT!!!


Keterangan:

CHKDSK f:  Periksa hardisk partisi f:
f: (sesuaikan dengan partisi mana yang akan di perbaiki) lihat di my computer
/f  Perintah tersebut digunakan untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector.
/r   Perintah tersebut digunakan untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data.

Komentar

Postingan Populer