Proteksi FACEBOOK part 2

Nah, selanjutnya adalah untuk mengubah password fb kamu.

General - Password - ketik di bagian Current password fb lama mu. Lalu di bagian New, ketik password baru untuk fb mu. Retype New, ketik ulang password baru yang tadi kamu buat.

Lalu klik Save Change untuk menyimpan
password baru yang telah kamu buat.

Catatan:

Usahakan password menggunakan tanda/symbol/angka yang susah. Misalkan : $*&!....09#4!)(.....

Makin rumit passwordmu makin sulit untuk di retas/dihack oleh hacker.









Nah, untuk proteksi selanjutnya.

Apakah diantara teman-teman sering ditag foto atau lautan iklan/promosi yang tidak penting dan tidak jelas? Sebelum itu muncul di wall kamu, kamu harus setting dulu agar setiap kali ada yang men-tag foto atau iklan, kamu dapat memilih untuk menyetujui atau tidaknya tag itu berapa di wall kamu.Bisa juga setting siapa saja yang berhak untuk mengepost sesuatu di wall kamu.

Berikut adalah langkahnya.

1. Klik dibagian Timeline and Tagging

2. klik Edit di bagian Who can post on your timeline (siapa yang berhak/bisa mengepost sesuatu di wall mu.)



3.  Prosesnya bisa dilihat gambar di bawah ini:

Ada 2 pilihan Friends/Only Me.

Biasanya saya menggunakan Only Me agar hanya saya saja yang dapat posting sesuatu di wall saya sendiri. Sedangkan orang lain/Teman anda tidak bisa menshare sesuatu. Begitu..

Kalau pilihannya Friends itu berarti teman-teman fb kamu bisa memposting apapun di wall mu. Saya sarankan untuk Only Me saja. Karena lebih aman dan, ya aman..

4. Lalu kalau sudah memilih salah satu pilih Close.





Nah, kalau tutorial dibawah ini untuk mengatur tagging. Jadi siapapun bisa menshare/tangging foto/iklan. Tetapi kamu harus setting untuk menyetujui atau tidaknya postingan/tangging dari siapapun itu untuk muncul di wall kamu.

Berikut langkahnya:

1. Klik dibagian Timeline and Tagging

2. lalau dibagian Review posts that friends tag you in before they appear on your timeline. Pilih Edit.



 3. Lalu muncul pilihan Enabled/Disabled.

4. Lalu centang Enabled. Lalu Close.





Untuk contoh kasusnya seperti gambar dibawah.

Kamu lihat gambar yang saya lingkari dibagian View Activity Log?

Itu tanda bahwa ada seseorang yang tag foto/share sesuatu ke wall saya. Tapi belum muncul di wall saya krn saya setting dengan pengaturan yang sebelumnya saya jelaskan diatas.

Jika fb mu muncul seperti ini. Klik saja View Activity Log yang saya lingkari merah pada gambar dibawah tentunya pada facebook kamu sendiri.



 Lalu Review 1 Item klik saja. untuk melihat dari siapa dan apa kirimannya.





Disitu ada 2 pilihan Add to Timeline / Hide. Add to Timeline yang artinya bahwa kamu setuju postingan/tagging itu berapa/bisa di wall kamu atau kamu bisa pilih Hide yang artinya kamu menyembunyikan kiriman itu agar tidak dimunculkan diwall kamu. 

 Saya kira, banyak keseringan terjadi mungkin diantara teman-teman semua ada yang terkena virus warm atau segenisnya atau banyak teman-teman di fb promosi iklan hp/dagang hp dll main tagging ke wall kamu. Atau bisa juga konten-konten pornografi yang ditag ke wall kamu seolah-olah kamu orang yang "tidak punya sopan santun".

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, ikuti saja cara-cara yang telah saya jelaskan diatas.



Cara terakhir adalah untuk memasang Aplikasi Antivirus di fb masing-masing.

Kalau saya pakai Norton Safe Web for Facebook. Selama saya pakai ini saya tidak ada lagi kejadian akun dicuri/diretas/dihack orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga sharing kali ini bermanfaat.







Catatan tambahan:

1. Jangan membuka facebook terlalu lama atau membuka akun dibanyak device dan lupa untuk me-log outnya. Karena itu menyebabkan history-history/ jejak-jejak akun kamu yang masih aktif terbuka, itu sangat memudahkan akun fb kamu di retas orang lain.

2. Sering-sering ganti password fb kamu. Minimal sebulan 1x. Dan buatlah password yang susah jangan gampang-gampang kayak anak tk jg tau. Sebaiknya pakailah simbol-simbol yang susah. Dan jangan lupa untuk mencatat password yang telah kamu buat, nanti kelupaan (faxtor U).





SEMOGA HARIMU MENYENANGKAN!!!!

Komentar

Postingan Populer