Kisi-kisi Ujian Teori SIM C

Dear Friends,
saya ingin bagi pengalaman saat buat sim c baru di Satpas Polda Metrojaya, Daan Mogot.
Oke.. Ada dua test yang akan kamu lewatin. Yang pertama adalah test tertulis dan yang kedua adalah test praktek.
Kalau bisa datangnya pagi-pagi jam 8 atau sebelum jam 8 kamu harus sudah ada di satpas. Karena banyak banget peminatnya. Jadwalnya senin sampai jumat jam 8 pagi - 4 sore. Sabtu cma sampai setelah hari aja. Minggu gak buka. Usahakan sebelum pergi ujian ke satpas kamu harap baca kisi-kisi soal apa aja yang keluar di ujian tertulis. Karena banyak orang yang beranggapan sok enteng, alhasil sampai 3x atau lebih bolak balik satpas.
Jika kamu pergi menggunakan tj/busway.
Dari halte grogol/citraland kamu naik yang arah kalideres, trus turun di halte taman kota. Nah dari situ kamu bisa jalan kaki (sekitar 10 mnt), klo enggak bisa naik ojek (bayar 5000 aja, deket kok).

Tahap pertama adalah kamu harus Test Kesehatan. Ambil formulir tes kesehatan. Tempatnya disebelah kantin. Begitu kamu parkir motor udh keliatan kok. Testnya cuman disuruh baca huruf2. Bayar kira2 Rp.20.000,-
Sama seperti test mata. Lalu kalau kamu berhasil, kamu akan dikasih formulir kelulusan lalu kamu akan menuju ke gedung utama.

di gedung utama kamu ambil formulir sim c dan isi lalau pergi ke bri untuk bayar.
ya pokoknya setau saya semuanya habis 150rb-an. sudah termasuk biaya administrasi sudah semuanya.

Kalau sudah, Langsung aja saat kamu masuk ke ruang pencerahan (sebelum test tertulis), ruangannya ada di lantai 2. Kamu tinggal duduk manis aja dan ikuti arahan dari petugasnya. Pengalaman saya saat diruang pencerahan adalah saya malah berpikir, ini bapak polisi dulu masa remaja/kecilnya cita-citanya apaan ya? Pelawak kali ya. Sepanjang ceramah isinya lawakan semua, cocok bnget jadi comic, ikut aja tuh Stand Up Comedy.
Ini ada sedikit kisi-kisi ujian tertulis, semoga bermanfaat:
1. Rambu2
2. Marka Jalan
3. Prioritas pada saat diper4an jalan, mana yang harus didahului, dsb.


































Setelah ujian tertulis, kamu akan disuruh ke bawah menunggu di loket 5 tempat pemberitahuan lulus atau tidaknya kamu di ujian tertulis. Biasanya nunggu akan memakan waktu hampir setelah jam. Kamu bisa ngopi dulu atau sarapan, siap2 kalau kamu lulus kamu bisa konsentrasi untuk test praktek, supaya gak linglung.

Nah, jika kamu lulus ujian tertulis kamu akan mendapatkan kertas contohnya kayak gini:
Soal ujian ada 30 soal. Jika kamu benar minimas 18 atau lebih. Kamu pasti lolos ujian teori dan lanjut ke ujian praktek. Tapi kalau kamu dapat nilai kurang dari 18 alias 17 kebawah alhasil kamu akan disuruh balik lagi 2 minggu seteleh kamu ujian tertulis.


Kadang mereka kasih kertas warna kuning, orange, biru, suka-suka mereka aja.

Lanjut ke ujian praktek.
Rutenya kamu akan melewati jalan lurus, zig-zag, lalu berputar angka 8, lalu huruf U.
Kamu tidak boleh jatuh atau menapakkan kaki. Dilarang melawan arus, ikuti panah petunjuknya.
Ada tanda Stop kamu harus berhenti dan yang turun adalah kaki kiri. Jika kamu turun kaki kanan maka kamu dinyatakan gagal. Dan mengulang 2 minggu lagi.
Saran saya sebelumnya jangan sampai gak konsentrasi. Sarapan dari rumah sebelum pergi. Itu penting!!
















































Kalau kamu lulus kamu lanjut ke bagian pendataan dan tunggu untuk ambil foto dan sidik jari dan data-data lainnya. Lalu, tampa lama lagi sim c mu keluar.


Komentar

Postingan Populer